SMAN 15 Menjuari Ajang Sains Internasional di Malaysia

Pada hari Kamis (31/10/2019) dilaksanakan seremoni pelepasan oleh Kepala Sekolah Ibu Nurita Siregar, S.Pd. kepada kontingen SMAN 15 Jakarta pada acara Kompetisi Sains Internasional “Kuala Lumpur Engineering Science (KLSF) The Fair 2019. Acara yang dihahadiri seluruh warga sekolah dan orang tua siswa tersebut berjalan hikmat, kontingen akan menuju Bandara Sukarno Harta dan didukung perjalanan oleh Garuda Indonesia sebagai wujud dukungan terhadap anak bangsa yang berjuang untuk meraih prestasi. Pelaksanaan KLSF The Fair 2019 berlangsung pada 1 hingga 3 November di Kuala Lumpur.

Sebelumnya di tingkat DKI Penelitian mereka yang dibimbing oleh guru pembina Sri Haryati yang merupakan Guru Berprestasi Kimia Jakarta telah menorehkan prestasi yakni tentang Adsorben (kulit kerang) untuk mengikat gas polutan hasil pembakaran mendapat juara 1 tingkat Jakarta Utara pada tahun 2019 dan Pembuatan bioetanol dari kulit pisang menjadi juara 1 tingkat Jakarta Utara pada tahun 2018 dan juara 1 tingkat Propinsi DKI pada tahun 2018.

Pada ajang bergensi ini SMA Negeri 15 Jakarta mengirim dua kelompok yaitu bidang kimia Dwiky Ihza bakhtiar, Lintang Kusumah Putri dan Siti Chairunnisa Azzahra. Sedangkan pembimbing Utami Dhea Rindyani dengan karya ilmiah berjudul “The Effect of Fermentation Time and Use of Yeast Types in Making Bioethanol From Skin Waste Banana Musa Paradisiaca L” atau “Pengaruh Waktu Fermentasi dan Penggunaan Jenis Ragi dalam Pembuatan Bioetanol Dari Limbah Kulit Pisang Musa Paradisiaca L”.

Kemudian kelompok bidang ilmu lingkungan (enviromental science) terdiri dari Muhammad Ridwan, Savira Yunita Ramlan dan Sry Meylaningsih dengan pembimbing Utami Dhea Rindyani dengan karya ilmiah berjudul
“The Utilization Of Green Shellfish Waste (Perna Viridis) As Flue Gas Emission Adsorbent in Motorized Vehicle” atau “Pemanfaatan Limbah Kerang Hijau (Perna Viridis) Sebagai Adsorben Emisi Gas Buang dalam Kendaraan Bermotor”.

Ajang bergengsi dalam dunia pendidikan ini di ikuti lebih dari 20 negara di antaranya Indonesia, Malaysia, Singapore, Kamboja, Brunei, India, Myanmar, China, Australia, Taiwan, Turki, Jepang, Hongkong dan beberapa negara lainnya.

SMAN 15 Jakarta menyumbang prestasi dengan meraih 2 Special Award dan Merit dengan project penelitian berjudul “The Utilization of Green Shellfish Waste (Perna viridis) as Flue Gas Emission Adsorbent in Motorized Vehicle” dan “The Effect of Fermentation Time and Use of Yeast Types in Making Bioethanol from Skin Waste Banana Musa Paradiciasa. L.” pada ajang KLESF 2019.

Perlu diketahui, Kuala Lumpur Engineering Science Fair (KLESF) International Challenge 2019 merupakan kompetisi sains internasional yang diadakan oleh ASEAN Academy Engineering and Technology (AAET), Universiti Tunku Abdul Rahman (UTAR), Malaysian Industry Goverment Group for High Technology (MIGHT), and The Institution of Engineers Malaysia (IEM) dengan keketatan persaingan yang tinggi.

Pada KLESF 2019 terdapat 277 project dengan total 30 negara partisipan untuk level Secondary (13-18 tahun).

Semoga prestasi yang dituai dapat menjadi motivasi bagi seluruh pelajar KIR di Indonesia khususnya di Jakarta Utara.

Repotase : Abdul Aziz, S.Pd. Gr.

Tinggalkan Balasan